Cari Blog Ini

Selasa, 01 September 2020

KONTAK PERKASA FUTURES | Ada Galaksi Berbentuk Kapal Darth Vader di Luar Angkasa



KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA
- Semesta yang kaya tak terhingga, dipenuhi kumpulan gas dan debu yang bentuknya beragam. Ada yang berbentuk seperti wajah, ubur-ubur, kupu-kupu, tangan, dan banyak lagi, termasuk ada yang mirip kapal luar angkasa Darth Vader.
Para penggemar cerita fiksi ilmiah Star Wars pasti akan senang mendengar hal ini. Sebuah galaksi bernama TXS 0128+554 punya penampakan mirip pesawat antariksa TIE milik karakter Darth Vader.

TXS 0128 + 554 sebenarnya adalah galaksi yang sudah diketahui selama beberapa tahun. Tapi baru sekarang para ilmuwan NASA menelitinya lebih dalam untuk mengetahui bagaimana galaksi ini terbentuk.

Dikutip dari Science Alert, para astronom memetakannya menggunakan jaringan antena radio globe-spanning yang disebut 'very long baseline array'. Warnanya sesuai dengan intensitas sinyal radio yang dipancarkan dari berbagai bagian galaksi.

"Kami memperbesarnya hingga satu juta kali lebih dekat di galaksi menggunakan antena radio VLBA dan memetakan bentuknya dari waktu ke waktu," kata ahli astrofisika dari Purdue University, Matthew Lister.

"Pertama kali saya melihat hasilnya, saya langsung menyebutnya tampak seperti pesawat luar angkasa TIE Fighter milik Darth Vader di Star Wars. Itu adalah kejutan yang menyenangkan. Kemunculannya di frekuensi radio yang berbeda juga membantu kami mempelajari lebih lanjut bagaimana galaksi aktif dapat berubah secara dramatis dalam skala waktu dekade," urainya.

TXS 0128+554 berjarak sekitar 500 juta tahun cahaya di konstelasi Cassiopeia. Ini adalah inti galaksi aktif (active galactic nucleus/AGN), yang artinya adalah galaksi yang secara teoritis menampung lubang hitam supermasif besar di tengahnya.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan menggunakan Teleskop Luar Angkasa Sinar Gamma Fermi NASA dan Observatorium Sinar-X Chandra untuk menangkap galaksi tersebut. Bentuknya yang unik, adalah hasil dari dua pancaran partikel berenergi tinggi.

Studi yang dipublikasikan di Astrophysical Journal ini menjelaskan bahwa partikel-partikel tersebut bergerak hampir dengan kecepatan cahaya ke arah yang berlawanan, sehingga membentuk wujud seperti pesawat TIE Darth Vader. KONTAK PERKASA FUTURES

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
detik.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar