Cari Blog Ini

Rabu, 10 Juli 2019

KONTAK PERKASA FUTURES | ECU Dapat Minimalisir Kerusakan Kendaraan



KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA - Komputerisasi sudah sejak lama masuk dalam dunia otomotif dan semakin luas penggunaannya. Berawal dari mesin kini hampir setiap fitur dalam mobil kini disematkan Electronic Control Modul (ECU) untuk menghasilkan kinerja yang presisi.

ECU yang bekerja layaknya komputer dapat mengirim dan menerima data dalam mengoperasikan sistem tertentu yang saling terintegrasi.

"Sesuai namanya ECU ini mengkalkulasi informasi yang didapat dari sensor. Nilai-nilai yang didapat dari sensor ini dikalkulasi disesuaikan dengan kontrol lain jadi terintegrasi semua baru dia mengontrol unit yang dikontrol," terang Technical Leader Auto2000 Tebet Soepomo, Achmad Mu'min saat ditemui detikcom, Kamis (4/7/2019).

"Misalnya mesin dikontrol injektornya nanti menyesuaikan dari kecepatan sensor roda dikalkulasi disesuaikan dengan putaran mesin, temperatur udara, temperatur air jadi sangat presisi sebetulnya," lanjutnya.

Keberadaan ECU dikatakan Mu'min juga membuat mobil semakin minim perawatannya. Selain itu sebagai seorang mekanik proses perbaikan maupun perawatan pun menjadi semakin mudah dan cepat.

"Itu minim perawatan kalau pakai ECU, sebetulnya pencarian problem pun lebih gampang karena setiap area yang dikontrol ECU ini terdeteksi oleh scanner ketika ada problem kalau emang dia terintegrasi dengan ECU," terang Mu'min.

Namun jika ECU telah menginformasikan ada kerusakkan dan tidak ditangani dengan benar, resiko kerusakkan ECU pun dapat timbol. Sekedar informasi juga ECU termasuk komponen mobil dengan harga yang cukup mahal mulai dari jutaan hingga puluhan juta tergantung jenis mobilnya. KONTAK PERKASA FUTURES

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | KONTAK PERKASA FUTURES

2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES

3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES

4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | KONTAK PERKASA FUTURES

5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | KONTAK PERKASA FUTURES

6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | KONTAK PERKASA FUTURES

7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar