Cari Blog Ini

Kamis, 19 Oktober 2023

PT KONTAK PERKASA FUTURES | Rupiah Kamis Siang Melemah Tajam ke Rp15.852/USD

dolar

PT KONTAK PERKASA FUTURES
| Pada perdagangan Kamis siang, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) mengalami penurunan tajam, menambah kerugian yang sudah dialami pada sesi siang sebelumnya. Sementara itu, dolar AS di pasar Asia melemah setelah mengalami kenaikan pada sesi global sebelumnya.

Rupiah terhadap dolar AS melemah sebesar 0,74% atau 116 poin, sehingga mencapai level Rp 15.852 dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya di Rp 15.736. Rupiah tercatat telah menyentuh level terendah dalam 3,5 tahun terakhir, yakni sejak April 2020.

Analis memperkirakan bahwa perdagangan rupiah terhadap dolar AS hari ini dibuka dengan pelemahan ke level Rp 15.824, kemudian mengalami koreksi ke level Rp 15.864, dan terakhir pada sesi siang ini berada di posisi Rp 15.852.

Melemahnya rupiah terjadi ketika dolar AS di pasar Asia mengalami pelemahan setelah kenaikan pada sesi global sebelumnya. Hal ini terjadi dalam konteks naiknya imbal hasil obligasi Amerika Serikat (US Treasury) ke level tertinggi dalam 16 tahun seiring dengan adanya ekspektasi pidato Ketua Federal Reserve yang masih diantisipasi sebagai pidato yang cukup hawkish.

Indeks dolar AS, yang mengukur nilai dolar terhadap sejumlah mata uang utama, tetap stabil pada 106,57, setara dengan level penutupan pada sesi sebelumnya.

Sementara itu, pada indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Indonesia, Kamis siang ini mengalami penurunan sebanyak 51,301 poin atau 0,74%, mencapai level 6.876,605. Ini terjadi seiring dengan kinerja bursa saham di Asia yang secara umum negatif, mengikuti penurunan pada Wall Street yang dipengaruhi oleh kenaikan imbal hasil US Treasury.

Para analis memperkirakan bahwa dolar AS terhadap rupiah akan tetap menguat hari ini, meskipun dolar AS di pasar Asia cenderung flat. Rupiah terhadap dolar dalam satu minggu terlihat akan berada dalam kisaran antara Rp 15.864 dan Rp 15.667. PT KONTAK PERKASA FUTURES


Sumber : Vibiznews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar