Cari Blog Ini

Kamis, 11 Juni 2020

PT KONTAK PERKASA FUTURES | Siapapun Bisa Jadi Software Developer

Ilustrasi coding, ilustrasi teks editor

PT KONTAK PERKASA FUTURES - Banyak orang yang mengimpikan menjadi software developer, tapi lantaran latar belakang pendidikan bukan komputer mengurungkan niat tersebut. Padahal siapapun bisa.
Fajrun contohnya, mahasiswa semester dua di Universitas Mercu Buana ini sukses jadi seorang programing. Berbekal tekad kuat dia memutuskan mempelajari coding untuk memenuhi aspirasinya.

Hasilnya, setelah belajar online ditambah pengetahuan dasar di semester pertamanya, Fajrun diterima bekerja paruh waktu sebagai web developer di Webzid.com, sebuah perusahaan pengembangan software.

Di Webzid.com, Fajrun berkesempatan mengerjakan beberapa proyek kecil yang semakin meningkatkan minatnya pada coding, membawanya selangkah lebih dekat dengan mimpinya membangun perusahaan e-commerce setelah lulus kuliah. Sebagai digital native, Fajrun telah mengamati perkembangan e-commerce di Indonesia dan yakin bahwa sekarang ini kita masih berada di tahap permulaan untuk sektor ini.

"Saya ingin membuat perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia," ujarnya semangat.

Dia memahami sepenuhnya memahami bahwa mengembangkan dan menjalankan platform e-commerce membutuhkan tingkat keahlian dan pengalaman coding tersendiri. Beberapa orang mungkin melihat hal ini sebagai rintangan, tetapi Fajrun melihat hal ini sebagai peluang untuk lebih serius memperdalam keahlian coding di jalur yang tepat.

Seorang senior developer di Webzid.com memberikan wejangan untuk mempelajari ilmu dasar dari berbagai bahasa coding dengan benar. Fajrun direkomendasikan mengikuti program di Progate.

Mengikuti saran tersebut, Fajrun makin serius belajar coding dengan mengikuti program di Progate pada pertengahan 2019. Di sana dia mempelajari HTML & CSS, salah satu bahasa pemrograman frontend yang paling banyak digunakan di dunia.

Dalam waktu 7 bulan, Fajrun mengaku mampu menggunakan HTML & CSS, SQL, dan Javascript. Semua materi dilahap habis padahal dia harus membagi wakti untuk kuliah sambil bekerja paruh waktu.

"Di Progate memungkinkan saya bebas mengatur jadwal belajar sendiri," katanya.

Dengan kemampuannya kini, Fajrun mulai bekerja pada proyek software yang lebih besar, seperti situs donasi online dan sistem SDM yang lengkap.

Bicara soal Prograte sendiri, Fajrun menilai platform yang dihadirkan intuitif dengan antarmuka interaktif. Materi disusun dirasa terstruktur sehingga membuat pelajaran mudah dia mengerti.

Sebagai salah satu pengguna awal Progate, Fajrun mengaku sempat mengalami kendala bahasa karena platform ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris dan Jepang pada saat itu. Fajrun mengirimkan feedback kepada Progate untuk membuat versi Bahasa Indonesia

Setelah 8 bulan kemudian, Progate meluncurkan versi Bahasa Indonesia pada bulan April 2020. Dengan peluncurannya yang baru, Progate menghilangkan kendala bahasa agar orang Indonesia dapat belajar coding sepenuhnya dengan nyaman. Alhasil sekarang semua orang di Indonesia dapat mempelajari coding di Progate.

"Belajar coding tidak hanya berguna untuk mereka yang mengejar karir sebagai software developer, tetapi juga membantu orang untuk mengasah kreativitas, pemikiran logis, dan kemampuan untuk memecahkan masalah secara mandiri," pungkas Fajrun. PT KONTAK PERKASA FUTURES

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar