Cari Blog Ini

Selasa, 06 Agustus 2019

PT KONTAK PERKASA | Alasan Para 'Sultan' Habis Jutaan Buat Game Menurut Psikolog



PT KONTAK PERKASA SURABAYA - Banyak orang melampiaskan rasa stres mereka ke game. Karenanya, ada yang menyeriusi hobinya tersebut sehingga rela gelontorkan uang hingga jutaan rupiah demi mendapatkan karakter sesuai keinginan atau item rare yang didapatkan lewat gacha.

Menurut psikolog dari Personal Growth, Linda Setiawati, MPsi, kesenangan satu orang dengan orang lainnya belum tentu sama. Karena itu, faktor kebiasaan membeli di dalam game atau purchase in game juga bisa beragam.

"Utamanya adalah prestise yang diperoleh jika memiliki sesuatu atau barang spesial karena hal tersebut belum tentu dimiliki oleh pemain lain, misalnya gambar profil (avatar game) yang lebih bagus atau item-item lainnya," jelas Linda.

Secara khusus, banyak juga orang yang merasa gambar atau karakter dari game yang ada merupakan representasi dari dirinya. Jadi, tidak heran kalau mereka berusaha menampilkan diri dengan baik, sebagai salah satu sarana untuk menunjukkan dan mengekspresikan diri. Hal ini, secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka.

"Selain itu, kepemilikan item-item atau gambar profil yang berbeda juga bisa menunjukkan status sosial gamer tersebut dalam permainan dan mendorong mereka bisa diterima oleh gamer lainnya. Mereka memiliki item-item eksklusif yang hanya bisa didapat setelah mengeluarkan sejumlah uang. Item-item yang dibeli juga bisa digunakan untuk meningkatkan performance mereka ketika bermain," sambung Linda.

Dikatakannya, bermain game sebenarnya sama dengan hobi lain seperti traveling, berbelanja, kulineran, olahraga atau hal lainnya yang membuat pecintanya menghabiskan waktu, energi, atau uang demi mendapatkan kebahagiaan.

"Pada prinsipnya, berbagai perilaku yang dilakukan tersebut berhubungan dengan rewards system di otak yang mendorong seseorang akan mengulangi perilaku-perilaku yang memunculkan perasaan senang. Dalam hal game online, rewards yang diperoleh (seperti prestise, status sosial, penerimaan dari orang lain, dan lain-lain) akan mendorong para gamer untuk kembali membeli item-item di game online," tandasnya. PT KONTAK PERKASA

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar