Cari Blog Ini

Jumat, 04 Januari 2019

KONTAK PERKASA FUTURES | Mau Operasi di RI, Alipay Gandeng BRI



KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI akan bekerja sama dengan salah satu dompet elektronik milik asal China, Alipay.

Direktur BRI Handayani menjelaskan saat ini perseroan sudah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Alipay. Kemudian target uji coba belum ditentukan.

"Baru MoU, masih banyak yang harus diselesaikan, termasuk soal perizinan," kata Handayani usai konferensi pers di kantor BRI, Jakarta, Kamis (3/1/2019).

Dia menyampaikan, hal ini diharapkan bisa mendukung industri pariwisata nasional. Pasalnya banyak turis dari China yang datang ke Indonesia dan memiliki alat pembayaran khusus.

BRI bisa menjadi fasilitator agar turis tersebut bisa dengan mudah bertransaksi. Dalam hal ini BRI sebagai acquiring sehingga nantinya turis itu bisa membayar menggunakan Alipay di merchant yang bekerja sama dengan BRI.

Handayani menyampaikan saat ini perseroan belum memperhitungkan potensi pendapatan yang bisa diraih dari MoU ini.

Dia mengungkapkan saat ini BRI sedang melakukan developing di bagian IT. Karena sistemnya akan berbeda dengan Visa dan MasterCard. "Selain ada GPN juga, nanti kita akan tambahkan lagi yang terkait alat pembayaran dari China," imbuh dia.

Sebelumnya Bank Indonesia (BI) memang menyebut penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP) asing seperti Alipay yang ingin beroperasi di Indonesia harus bekerja sama dengan bank lokal.

"PJSP asing nanti penyelesaian transaksinya harus lewat bank dan harus lewat bank BUKU IV, tidak langsung asing," imbuh Deputi Gubernur BI, Sugeng.

Dia menyampaikan, dengan kerja sama tersebut maka akan memberikan dampak positif ke perekonomian Indonesia. Karena transaksi dilakukan sepenuhnya di Indonesia, baru biaya-biaya lain didistribusikan ke negara asal PJSP tersebut.

Sugeng menambahkan, saat ini ada sejumlah bank yang sudah menjajaki bahkan melakukan pilot project dengan PJSP asing untuk kerja sama ini. "Misalnya BCA saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan Alipay, BRI melakukan MoU awal juga dengan Alipay," kata dia. KONTAK PERKASA FUTURES

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | KONTAK PERKASA FUTURES

2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES

3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES

4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | KONTAK PERKASA FUTURES

5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | KONTAK PERKASA FUTURES

6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | KONTAK PERKASA FUTURES

7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar