Cari Blog Ini

Jumat, 03 Mei 2019

PT KONTAK PERKASA | 5 Infeksi yang Bisa Didapat di Gym


 
PT KONTAK PERKASA SURABAYA - Semua orang pergi rutin ke gym untuk mendapatkan kebugaran dan membangun otot-otot tubuh. Tetapi bukan hanya itu, di gym juga bisa memberikan seseorang infeksi.

Suatu penelitian menemukan bahwa peralatan olahraga banyak didiami kuman lebih banyak dari kursi toilet umum. Hasilnya ditemukan bahwa rata-rata treadmill, sepeda olahraga, dan dumbbell masing-masing mengandung lebih dari satu juta bakteri per inci persegi.

Sementara, toilet duduk yang lekat dengan kesan kotor dan jorok memiliki sel bakteri sebanyak 3.200 per inci persegi, demikian disampaikan peneliti dalam laporannya. Itu berarti, dumbbell rata-rata mengandung 362 kali lebih banyak kuman ketimbang kursi toilet.

Dengan banyaknya kuman seperti itu memungkinkan seseorang terkena infeksi di gym. Nah dikutip dari Body+Soul, infeksi yang biasa terjadi sebagai berikut.

1. Staph

Infeksi staph adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus sp yang biasa hidup di kulit dan disebarkan melalui sentuhan. Sekitar 25 persen orang biasanya membawa bakteri ini di hidung, mulut, alat kelamin, atau daerah dubur.

Gejalanya berkisar dari jerawat, bisul dan ruam susu. Namun, jika bakteri menyebar dan masuk lebih dalam ke kulit, itu dapat menyebabkan pneumonia, sepsis, atau meningitis.

2. Kutu air

Kutu air atau Athlete's foot adalah infeksi jamur yang memengaruhi lapisan atas kulit pada kaki dan paling umum terjadi di lingkungan hangat dan lembab. Infeksi ini terjadi melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi atau menyentuh permukaan yang terkontaminasi jamur, misalnya gym yang memiliki kolam renang, pancuran, sauna, atau ruang ganti.

Gejala infeksi ini biasanya gatal, terasa terbakar, kulit mengelupas, kulit kering, dan kadang melepuh.

3. Influenza

Jangan salah, di gym mungkin bisa menyebarkan flu. Flu atau influenza adalah penyakit pernapasan yang menular disebabkan oleh virus influenza A atau B. Kontak penularannya melalui udara, atau virus berada di tangan kemudian menyentuh mulut, mata, atau hidung.

Infeksi ini bergejala tenggorokan gatal, demam, nyeri otot, batuk, bersin, kedinginan, mudah lelah, lemas, dan kadang mual dan muntah.

4. E.coli

Infeksi E.coli (Escherichia coli) biasanya terjadi karena sekelompok bakteri yang ditemukan di usus atau tinja hewan. Yang paling umum, bakteri ini mengontaminasi makanan mentah dan dapat menyebar ke gym jika seseorang tidak mencuci tangan dengan benar setelah ke kamar mandi.

Gejala yang paling umum adalah sakit perut, diare, dan muntah.

5. Kurap

Kurap adalah infeksi jamur yang hampir muncul di mana saja, termasuk tangan, kaki, dan bagian tubuh lain. Biasanya infeksi ini ditemukan di lungkungan yang hangat dan lembab. Tahap gejalanya pertama melibatkan area bersisik merah, kemudian bisa memburuk dengan cepat membentuk lesi atau luka. PT KONTAK PERKASA

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar