Cari Blog Ini

Kamis, 16 Juli 2020

PT KP PRESS | 9 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil, Tinggi Vitamin dan Serat



PT KP PRESS SURABAYA - Buah yang bagus untuk ibu hamil adalah buah yang dapat memberi nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Konsumsi makanan bergizi memainkan peran penting dalam kesehatan dan mengurangi risiko terjadinya beberapa penyakit.
Menu makanan sehat untuk ibu hamil tidak hanya bisa didapatkan dari buah-buahan tetapi juga sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak dan lemak sehat. Untuk membantu penyerapan zat besi, ada beberapa vitamin yang perlu dikonsumsi ibu hamil, salah satunya adalah vitamin C. Namun tidak semua buah-buahan boleh dikonsumsi ibu hamil, ada beberapa buah yang bisa memicu kontraksi hingga mengandung gas.

Konsumsi makanan sehat dan bervariasi sangat penting selama kehamilan karena nutrisi yang tepat dapat membantu janin untuk berkembang dan tumbuh sebagaimana mestinya. Selain mendukung perkembangan bayi, meningkatkan asupan vitamin dan mineral juga dapat membantu ibu hamil menjaga stamina agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Konsumsi banyak buah segar selama kehamilan dapat membantu memastikan ibu dan bayi tetap sehat. Buah segar mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting serta menjadi sumber serat yang baik.

Berikut daftar buah yang bagus untuk ibu hamil yang dilansir dari Medical News Today:
1. Aprikot

Aprikot mengandung vitamin A, C dan E, kalsium, zat besi,kalium, beta karoten serta fosfor. Semua kandungannya dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi. Zat besi dapat mencegah anemia dan kalsium yang membantu perkuat tulang dan juga gigi.

2. Jeruk

Buah yang bagus untuk ibu hamil yang sedang flu bisa dengan mengonsumsi buah jeruk. Jeruk merupakan sumber terbaik dari asam folat, vitamin C dapat membantu mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.

Folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf, yang dapat menyebabkan kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada Cacat pada bayi, yang dapat menyebabkan kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. Cacat tabung saraf dapat menyebabkan kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi.

3. Mangga

Buah yang bagus untuk ibu hamil muda salah satunya adalah mangga. Mangga mengandung vitamin A dan C. Satu cangkir mangga mengandung banyak vitamin C.

Bayi yang lahir dengan defisiensi vitamin C mungkin memiliki kekebalan yang lebih rendah dan risiko komplikasi pascanatal yang lebih tinggi seperti infeksi pernapasan. Sehingga ibu hamil perlu mengonsumsi buah-buahan yang mengandung tidak hanya vitamin C tetapi juga vitamin A.

4. Pir

Pir menyediakan banyak nutrisi seperti serat, kalium serta folat. Mengonsumsi banyak serat dalam diet saat hamil dapat membantu meringankan sembelit. Sedangkan potassium dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung bagi wanita dan bayi. Potassium juga dapat merangsang regenerasi sel.

5. Delima

Pomegranate atau delima menjadi buah yang bagus untuk ibu hamil trimester kedua atau ketiga. Buah ini mengandung vitamin K, kalsium, folat, zat besi, protein dan serat. Delima juga dapat bermanfaat sebagai sumber energi yang baik dan kandungan zat besinya dapat membantu cegah kekurangan zat besi.

Vitamin K juga penting untuk menjaga kesehatan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa minum jus buah delima dapat membantu mengurangi risiko cedera pada plasenta.

6. Alpukat

Buah alpukat menjadi buah yang bagus untuk ibu hamil. Buah alpukat mengandung vitamin C, E dan K, asam lemak tak jenuh tunggal, serat, vitamin B dan kalium. Buah alpukat mengandung lemak sehat yang menyediakan energi dan membantu mencegah cacat tabung saraf. Buah alpukat juga dapat membantu membangun kulit dan jaringan otak bayi yang sedang berkembang.

Kalium dalam alpukat dapat meredakan kaki kram dan gejala lain yang sering terjadi selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Sehingga dapat dikatakan alpukat menjadi buah yang bagus untuk ibu hamil tujuh bulan.

7. Jambu Biji

Jambu biji adalah pilihan buah yang sangat baik untuk kamu yang ingin mendapatkan banyak nutrisi. Jambu biji mengandung vitamin C dan E, polifenol, karotenoid, isoflavonoid dan asam folat.

Jambu biji mengandung beragam kombinasi nutrisi, sehingga ideal dikonsumsi untuk ibu hamil. Makan jambu biji selama kehamilan dapat membantu mengendurkan otot, membantu pencernaan dan mengurangi sembelit.

8. Pisang

Buah yang bagus untuk ibu hamil 3 bulan salah satunya adalah pisang. Pisang mengandung vitamin C, kalium, vitamin B-6 dan serat. Kandungan serat pada pisang tinggi sehingga dapat mengatasi sembelit yang menjadi masalah untuk banyak ibu hamil. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa vitamin B-6 dapat membantu meringankan mual dan muntah di awal kehamilan.

9. Apel

Apel mengandung vitamin A dan C, serat hingga kalium yang membantu pertumbuhan janin. Buah apel enak dikonsumsi dalam bentuk potongan atau dicampur menjadi salad buah.

Adakah buah yang harus dihindari seseorang selama kehamilan?

Tidak ada buah tertentu yang harus dihindari oleh ibu hamil. Namun, penting bagi wanita untuk menyadari ukuran porsi. Beberapa buah-buahan memiliki kandungan gula yang tinggi, dan bentuk-bentuk buah tertentu seperti jus dan buah-buahan kering yang kandungan gulanya lebih tinggi. PT KP PRESS

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KP PRESS
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KP PRESS
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KP PRESS
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KP PRESS
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KP PRESS
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KP PRESS
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KP PRESS
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar