Cari Blog Ini

Kamis, 04 April 2019

PT KONTAK PERKASA | Temuan Baru, Kopi Dikaitkan dengan Risiko Kanker Paru!


PT KONTAK PERKASA SURABAYA - Banyak orang minum kopi sambil merokok, dan sejak lama rokok dikaitkan dengan kanker paru. Tapi temuan terbaru menunjukkan bahwa kopi itu sendiri juga 'mungkin' berhubungan dengan risiko kanker paru.

Temuan mengejutkan bagi penggemar kopi ini dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American Association for Cancer Research akhir Maret lalu.

Penelitinya, Jingjing Zhu, mahasiswa PhD dari Vanderbilt University di Tennessee, menggunakan data dari 17 penelitian berbeda. Total ada sebanyak 1,2 juta partisipan di Amerika Serikat dan Asia terlibat dalam riset-riset tersebut.

Penelitian ini membagi para partisipan dalam beberapa kategori, antara lain peminum kopi atau teh, dan perokok atau bukan perokok. Sekitar 50 persen adalah non perokok. Dalam pengamatan selama rata-rata 8,6 tahun, sebanyak 20.500 partisipan terserang kanker paru.

Hasil analisis menunjukkan, non perokok yang minum 2 cangkir atau lebih kopi tiap hari punya risiko 41 persen lebih tinggi untuk terkena kanker paru. Non perokok yang minum teh dalam jumlah yang sama, punya risiko 37 persen lebih tinggi untuk kena kanker paru.

Temuan ini tidak serta menyimpulkan adanya hubungan sebab akibat, sehingga tidak bisa begitu saja dikatakan kopi atau teh menyebabkan kanker paru. Bahkan, penelitinya meyakini peningkatan risiko justru bukan karena kopi.

"Mungkin sesuatu dalam proses roasting (pemanggangan biji kopi) yang menyebabkan keterkaitan kopi dengan risiko kanker paru," kata Zhu dalam wawancara dengan Livescience. PT KONTAK PERKASA


Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar