Cari Blog Ini

Kamis, 26 Desember 2019

PT KONTAK PERKASA FUTURES | Inovasi Baru Baterai Kendaraan Listrik



PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA - Dalam menunjang perkembangan dan pertumbuhan kendaraan listrik para ilmuwan terus melakukan temuan-temuan mutakhir. Selain itu tentu juga penelitian untuk mencari solusi masalah yang telah ada juga kerap dilakukan seperti masalah pada baterai lithium-ion saat ini.

Sebelumnya Penn State University menemukan sebuah masalah besar pada pengisian cepat baterai lithium. Masalah tersebut dapat timbul ketika menyambung dan melepaskan arus listrik antara baterai dan soket pengisian. Pada momentum tersebut muncul dendrit yang menyebabkan terjadinya hubungan pendek atau korsleting sehingga dapat merusak baterai.

Pada Konferensi Tingkat Tinggi Industri Bahan Nanoaugmented 2019 di Kyoto, Jepang, para ilmuwan dari 31 negara berkumpul untuk membahas solusinya penggunaan nanotube karbon untuk mencegah pertumbuhan dendrit itu.

Profesor Jonathan Coleman di Trinity College di Dublin yang bekerja sama dengan Nokia, telah menerapkan graphene nanotube untuk melampaui target industri saat ini mencapai kepadatan energi 300 watt-jam per kilogram baterai. Untuk melakukan ini, ia menggunakan nanotube graphene di tempat bahan pengikat dan konduktif yang biasa dalam menciptakan baterai, untuk mencapai kepadatan energi yang diklaim 400 Wh per kg tanpa dendrit.

Seperti yang dijelaskan oleh tim peneliti dari Rice University pada tahun 2018, baterai logam lithium dapat menjadi jawaban untuk masalah kepadatan dendrit dan energi. Hal ini dapat diaplikasikan dengan membuat lapisan nanotube karbon tipis kemudian dilapisi logam lithium sebagai menghambatnya supaya pertumbuhan dendritik dapat ditahan. Ini memungkinkan proses isi ulang baterai lebih efisien.

Graphene adalah sejenis karbon yang biaya produksinya murah. Selain itu senyawa itu juga sangat ringan dan sangat kuat. Bahkan sebagai orang awam, tidak sulit untuk memahami mengapa jenis karbon ini akan menarik bagi siapa pun di industri. PT KONTAK PERKASA FUTURES

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar